Sebagian Besar Parpol Baru Diperkirakan tidak Lolos

Posted by Partai PSI Kota Tangerang | 20.07 | 0 comments »

Penulis : Kennorton Hutasoit
JAKARTA--MI: Sekitar 50% dari 35 parpol baru diperkirakan tidak akan lolos dalam verifikasi faktual. Bahkan ada parpol yang memiliki kepengurusan di 31 provinsi, namun setelah diverifikasi faktual parpol tersebut gugur.

"Sudah ada satu parpol baru yang diverifikasi faktual hampir dipastikan gugur karena kepengurusannya tidak memenuhi 2/3 provinsi. Sementara parpol lain, sekalipun kepengurusannya ada di 2/3 lebih dari provinsi yang ada namun setelah diverifikasi faktual ternyata banyak yang fiktif. Perkiraan sementara setengah dari 35 parpol baru akan gugur," kata anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) I Gusti Putu Artha selaku verifikator.

Putu mengatakan pada umumnya parpol gugur pada verifikasi faktual di KPUD karena tidak mencukupi keanggotaannya. "Banyak juga parpol yang kanibal dan orang-orang di daerah ada di dua kepengurusan parpol. Bahkan ada orang ada di dua parpol yang berbeda. Sebagian parpol juga ada yang membubarkan diri dan tak mau diverifikasi karena mereka mengaku tidak mendapat bantuan dana dari DPP parpolnya," katanya kepada Media Indonesia, Selasa (1/7).

Sementara itu, tiga KPU Provinsi belum serahkan berita acara hasil verifikasi faktual ke KPU. Yakni KPU Papua Barat, KPU Sumatera Utara dan Jawa Timur. Keterlambatan itu akan mengakibatkan pengunduran penetapan parpol peserta pemilu 2009. "KPU Papua Barat berjanji akan menyerahkan berita acara verifikasi faktual Kamis nanti (3/7). Sedangkan KPU Sumut berjanji akan mengantar berita acara verifikasi faktual pada Rabu (2/7)," kata anggota KPU Andi Nurpati selaku Ketua Pokja Verifikasi Parpol.

Andi belum bisa memastikan apakah hasil verifikasi faktual dari KPU Jatim sudah lengkap atau belum. Namun Putu Artha mengatakan KPU Jatim memang belum melengkapi hasil verifikasi faktual dan berita acaranya juga belum diserahkan. (KN/OL-06)

0 comments

Bookmark Situs Kami

Bookmark and Share