Empat Parpol Tak Lolos Verifikasi Faktual

Posted by Partai PSI Kota Tangerang | 09.23 | 0 comments »

GUNUNGKIDUL - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Gunungkidul memastikan empat partai yang mendaftar diri sebagai peserta Pemilu 2009 di Kabupaten Gunungkidul dipastikan tidak lolos verifikasi faktual.

Keempat partai yang tidak lolos verifikasi factual masing-masing Partai Reformasi, Partai Nurani Umat, Partai Indonesia Sejahtera dan Partai Kristen Indonesia 1945.

"Keempat partai tersebut dari sisi kepengurusan parpol dinyatakan tidak lenkap sebagaimana aturan dan ketentuan saat verifikasi berlangsung. Untuk kepengurusan kita sudah tidak mungkin menolerir dan dipastikan empat parpol tersebtu gagal ikuti pemilu 2009 mendatang," kata Djoko Sardjono Ketua KPUD Gunungkidul, Selasa(24/6/2008).

Menurutnya dari 26 parpol yang mendaftarkan diri ke KPUD Gunungkidul dan telah dilakukan verifikasi faktual, sebanyak 12 parpol ditolerir untuk segera melengkapi berkas tanda keanggotaan yang masih kurang. KPUD memberikan batas waktu hingga tanggal 26 Juni 2008 untuk parpol tersebut melengkapi Kartu Tanda Anggotanya.

"Jika mereka tidak bisa melengkapi persyaratan yang kurang maka nasib mereka akan sama dengan 4 parpol yang gagal verfikasi faktual dan tidak bisa ikut pemilu 2009 mendatang," terangnya.

Sedikitnya setiap Parpol harus terkumpul 704 pendukung yang nantinya akan dilakukan pengecekan secara acak berdasakan KTP oleh petugas kecamatan untuk menghindari upaya pinjam KTP untuk kepentingan yang tidak diketahui pemilik KTP.

"Kami akan sangat selektif untuk memferivikasi KTA karena sangat rawan mencatut nama untuk dimasukkan menjadi anggota parpol tanpa sepengetahuan pemilik KTP," tandasnya. (Daru Waskita/Trijaya/fit)

0 comments

Bookmark Situs Kami

Bookmark and Share