Pengumuman Verifikasi Parpol di Surabaya Molor

Posted by Partai PSI Kota Tangerang | 03.18 | 0 comments »

Hasil verifikasi faktual parpol peserta pemilu legislatif 2009 di Kota Surabaya yang seharusnya diumumkan Rabu (25/06), ternyata molor. Molornya pengumuman ini lantaran PPK/PPS yang bertugas melakukan verifikasi faktual keanggotaan masih belum tuntas melakukan tugasnya.

FORDINAL SIHOMBING anggota KPUD Surabaya menyatakan tidak mempermasalahkan molornya jadwal pengumuman verifikasi faktual.

“Tidak ada masalah. Toh kami juga dapat surat dari KPU yang menyatakan rapat pleno verifikasi faktual di tingkat kabupaten/kota bisa diundur paling lambat hingga tanggal 29 Juni. Yang penting kita bisa melaporkan hasil verifikasi itu paling lambat tanggal 29 Juni itu,” kata FORDINAL.

Kata FORDINAL, masih ada PPK sejumlah kecamatan di Surabaya yang masih belum menyelesaikan verifikasi karena pada saat yang sama mereka juga punya kewajiban menyelesaikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilgub.

“Tapi kerja verifikasi para PPK/PPS ini sudah 90% selesai. Mudah-mudahan bisa selesai tepat waktu,” ujar dia.

Untuk diketahui, Dari 17 parpol yang diverifikasi faktual di Kota Surabaya, ada 3 parpol yang dicoret karena surat instruksi langsung dari KPU Pusat, mereka adalah Partai Barisan Nasional, Partai Demokrasi Kebangsaan Bersatu, dan Partai Gerakan Indonesia Raya.

Ada 3 hal yang harus diverifikasi faktual, menyangkut domisili parpol, kepengurusan, dan keanggotaan. Setelah parpol-parpol ini lolos verifikasi administrasi di KPU Pusat, porses verifikasi faktual domisili dan kepengurusan dilakukan oleh KPUD kabupaten/kota, sedangkan verifikasi faktual keanggotaan dilakukan oleh PPK/PPS.

0 comments

Bookmark Situs Kami

Bookmark and Share