Lima Parpol Tidak Lolos Verifikasi

Posted by Partai PSI Kota Tangerang | 09.21 | 0 comments »



Rabu, 25 Juni 2008 | 19:16 WIB
BANTUL, RABU - Lima partai politik (parpol) masing-masing Partai Konggres, Partai Reformasi, Partai Kedaulatan, Partai Demokrasi Kebangsaan Bersatu, dan Partai Pemersatu Bangsa, dinyatakan gagal memenuhi syarat verifikasi. Tinggal 26 partai yang selanjutnya akan diverifikasi ulang terkait dengan keanggotaan.
Kelimanya dinyatakan gagal dengan alasan berbeda seperti jumlah anggota yang tidak terpenuhi, tidak adanya pengurus, berkasnya tidak ada, serta direkomendasikan KPU Pusat. Verifikasi tahap I sudah selesai sejak tanggal 24 Juni kemarin. "Hasilnya akan kami serahkan ke Jakarta tanggal 29 Juni nanti," kata Suwandi Danu Subroto, Divisi Logistik, Keuangan, dan Organisasi KPU Bantul, Rabu (25/6).
Menurut Suwandi, untuk verifikasi tahap I ada tiga hal yang diverifikasi yakni kepengurusan, keanggotaan, dan kepengurusan. Untuk keanggotaan, KPU masih memberikan toleransi untuk diperbaiki di tahap II. "Namun anggota parpol yang kemarin gagal diverifikasi harus dikalikan 10 kali lipatnya," katanya.
Dalam verifikasi tahap I, KPU memverifikasi sekitar 90 orang anggota partai. Mereka didatangi satu per satu sesuai dengan alamat yang tercantum di kartu anggota. "Namun setelah dicari, para anggota tersebut tidak ketemu. Banyak alamat fiktif sehingga sulit ditemukan. Ada juga yang menolak dinyatakan sebagai anggota parpol," katanya.
Karena belum ada anggaran, kerja Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) tidak mendapatkan honor apapun. Semua biaya ditanggung masing-masing. Sampai sekarang belum ada kejelasan soal anggaran. "Baru nanti tanggal 29 Juni, ada penandatanganan kuasa pengguna anggaran," ujar Suwandi

0 comments

Bookmark Situs Kami

Bookmark and Share