Lima Partai Tak Lolos Verifikasi Faktual Kabupaten

Posted by Partai PSI Kota Tangerang | 09.24 | 0 comments »

REMBANG - KPU Kabupaten Rembang menyatakan lima partai tidak lolos dalam verifikasi faktual tahap I. Yaitu Partai Demokrasi Kebangsaan Bersatu (PDKB), Partai Pemuda Indonesia (PPI), Partai Republikku Indonesia (PRI), Partai Indonesia Sejahtera (PIS), dan Partai Demokrasi Perjuangan Rakyat (PDPR). Ketua KPU Kabupaten Rembang Ismail Husna mengemukakan, kelima partai tersebut dinyatakan tidak lolos karena data administrasi, pengurus, dan pendukungnya tidak jelas.
”Bahkan, saat tim KPU Kabupaten melakukan verifikasi terhadap PDPR, kami tidak menemukan adanya data apa pun di Rembang,” tandasnya, kemarin.
Dia menyebutkan, dalam verifikasi faktual tahap I itu, KPU Kabupaten juga memutuskan lima partai, yaitu Partai Peduli Rakyat Nasional, Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU), Partai Barisan Nasional (Barnas), Partai Demokrasi Pembaharuan (PDP), dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerinda) lolos.
Pemilu 2009
Sementara itu empat partai, yaitu Partai Patriot (PP), Partai Pakar Pangan, Partai Nasional Benteng Kerakyatan (PNBK) Indonesia masih harus melengkapi data.
”Hingga hari ini kami masih menunggu revisi yang dilaksanakan oleh partai yang masih kurang lengkap datanya.
Partai yang sudah lolos verifikasi faktual langsung kami laporkan ke KPU Provinsi,” tuturnya.
Ismail mengungkapkan, partai yang tidak lolos di KPU Kabupaten masih tetap bisa mengikuti Pemilu 2009.
”Asalkan, sudah memenuhi dan lolos verifikasi di tingkat provinsi dan nasional, partai yang tidak lolos di kabupaten tetap bisa mengikuti pemilu. Namun, kalau tidak lolos di tingkat provinsi dan nasional tentu saja harapan untuk ikut Pemilu 2009 juga tidak ada,” paparnya.
Dia mengungkapkan, saat ini ada kecenderungan partai baru tidak membuat basis di Pulau Jawa untuk lolos verifikasi faktual nasional. ”Dengan pertimbangan jumlah pemilih dan sebagainya, partai baru lebih banyak membuat basis di luar Jawa agar bisa lolos.” (H19-69)Suaramerdeka

0 comments

Bookmark Situs Kami

Bookmark and Share