Banyak Partai Gagal Verifikasi Faktual

Posted by Partai PSI Kota Tangerang | 09.28 | 0 comments »

Selasa, 1 Juli 2008

JAKARTA (Suara Karya): Meski lolos persyaratan administrasi beberapa waktu lalu, sejumlah parpol mulai berguguran memasuki tahapan verifikasi faktual di lapangan.
Hal itu terungkap dari hasil verifikasi di beberapa daerah, seperti di Jawa Tengah, Maluku Utara (Malut), dan Sulawesi Barat, kemarin.
Antara lain empat partai politik (parpol) dinyatakan tidak lolos dalam verifikasi faktual di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. "Keempat parpol tersebut yakni Partai Demokrasi Kebangsaan Bersatu, Partai Nasional Benteng Kerakyatan Indonesia, Partai Bhinneka Indonesia, dan Partai Kebangkitan Indonesia 1945," kata anggota Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karanganyar, Sri Handoko, di Karanganyar, Jawa Tengah, Senin (30/6).
Setelah dilakukan verifikasi dua kali, tutur dia, ada delapan parpol yang dinyatakan lolos, yakni Partai Kebangkitan Nasional Ulama, Partai Hanura, Partai Peduli Rakyat Nasional, Partai Pemuda Indonesia, Partai Matahari Bangsa, Partai Demokrasi Pembaharuan, Partai Barisan Nasional, dan Partai Karya Perjuangan.
Sementara itu, enam parpol baru dinyatakan tidak lolos di Maluku Utara (Malut) karena, sesuai hasil verifikasi KPUD provinsi dan KPUD kabupaten/kota setempat, keenam parpol baru tersebut tidak memenuhi persyaratan.
Dari Mamuju dilaporkan, dari 34 parpol yang diverifikasi KPU Provinsi Sulbar, tiga parpol dinyatakan tidak lolos verifikasi faktual. Anggota KPU Sulbar Supriadi, mengatakan, ketiga parpol yang tidak lolos verifikasi faktual itu adalah Partai Demokrasi Kebangkitan Bersatu (PDKB), Partai Pemersatu Bangsa, dan Partai Kasih. (Pudyo/Ant/Yudhiarma)

0 comments

Bookmark Situs Kami

Bookmark and Share