4 Partai Tak Lolos Verifikasi di Gowa

Posted by Partai PSI Kota Tangerang | 09.54 | 0 comments »

Sungguminasa, Tribun - Sebanyak empat partai politik (parpol) calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif Tahun 2009 tidak berhasil lolos verifikasi faktual yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gowa, pekan lalu. Satu parpol menunggu keputusan.
Hasil tersebut diputuskan dalam rapat pleno tim verifikasi, Jumat (20/6) malam. Keempat parpol itu yang tidak lolos masing-masing Partai Nurani Ummat (PNU), Partai Republiku Indonesia (Republiku), Partai Kristen Demokrat (PKD), dan Partai Kasih.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Verifikasi Faktual KPU Gowa, Hirsan Bachtiar, mengatakan, keempat parpol tersebut tidak lolos karena tidak dapat memenuhi persyaratan saat dilaksanakan verifikasi faktual.
"Verifikasi faktual meliputi kepengurusan parpol, keberadaan sekretariat, dan keanggotaan parpol yang dibuktikan dengan verifikasi KTA (kartau tanda anggota)," jelasnya, kemarin.
PNU, ungkap Hirsan, saat dilakukan verifikasi faktual sekretaris dan bendara tidak ada. Anggota yang dipilih secara acak berdasarkan KTA yang disetor ke KPU tidak dapat dihadirkan.
Kemudian Partai Republiku saat dilakukan verifikasi faktual tidak dapat menghadirkan anggota sesuai KTA yang diminta. Selanjutnya PKD juga tidak dapat menghadirkan anggotanya saat verifikasi.
"Sedangkan Partai Kasih tidak ada unsur bendaranya, keberadaan anggota tidak dapat dihadirkan saat verifikasi," jelas mantan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Gowa ini.
Tunggu Keputusan
Sementara itu, partai yang saat pleno belum diputuskan lolos atau tidak adalah Partai Demokrasi Pembaharuan (PDP). KPU belum memutuskan status PDP karena beberapa hal. Salah satunya terjadinya terkait kepengurusan parpol.
Menurut Hirsan, secara faktual ditemukan dua kepengurusan. Keduanya secara tertulis memiliki dokumen pendukung yang sah dari DPP partai ini. Keanggotaan juga ada sehingga KPU Gowa belum memberikan keputusan.
"Keputusannya kita serahkan ke KPU Pusat lewat KPU provinsi," jelas Hirsan.

Perebutan Kursi Ketua Memanas
SEMENTARA itu, anggota KPU Gowa periode 2003-2008 akan mengakhiri tugas, Senin (23/6) hari ini. Sebanyak lima orang anggota KPU yang baru akan menjalani pelantikan di Hotel Sahid Makassar, Selasa (24/6) besok.
Mereka yang akan menjalani pelantikan masing-masing Hirsan Bachtiar, Risma Niswaty, Syarifuddin Kulle, Sudirman, dan Nursainah. Hirsan dan Risma adalah anggota KPU periode sebelumnya yang kembali terpilih.
Jauh hari sebelum pelantikan, lobi-lobi untuk menduduki kursi ketua sudah berhembus. baik di tingkat anggota KPU terpilih hingga sekretariat KPU. Dari lima nama itu, tiga nama paling memiliki peluang, yakni Hirsan, Risma, dan Syarifuddin.
Bahkan menghangat "pertarungan" untuk menduduki kursi nomor satu di lembaga independen itu terjadi antara Hirsan dan Syarifuddin. Perebutan kedua orang ini yang kedua kalinya setelah tiga tahun lalu berebut kursi ketua KNPI Gowa.
Saat itu, Hirsan unggul dan terpilih sebagai ketua. Namun, pertarungan di KPU tidak melibatkan banyak orang. Hanya lima orang yang berhak menentukan siapa menjadi ketua. Kelimanya punya peluang yang sama.

0 comments

Bookmark Situs Kami

Bookmark and Share