30-Mei-2008, 20:09:24 WIB - [www.kabarindonesia.com]

KabarIndonesia – Menjelang di umumkan verifikasi administratif oleh Komis Pemilihan Umum (KPU), sejumlah penjagaan dipintu utama dijaga ketat oleh aparat kepolisian.

“Demi keamanan kami memberlakukan pemeriksaan para tamu KPU atau peserta parpol yang mengikuti jalannya pengumuman verifikasi administrasi,” ujar anggota KPU Andi Nurpati dalam jumpa pers di Media Center KPU, Jakarta, Jumad (30/5).

Menurut Andi, KPU saat ini sedang melakukan penyusunan draft peraturan yang mengatur tata cara kampanye 2009 mendatang. Menurut jadwal, kampanye akan dilakukan pada tanggal 8 Juli 2008.

Andi juga menyatakan, draft yang tengah disusun tersebut, nantinya akan berisi peraturan-peraturan kampanye secara menyeluruh, serta larangan-larangan.

"Kita harapkan sebelum launching Gerakan Nasional Sosialisasi Pemilu yang akan dilakukan di istana negar draft tersebut sudah selesai," katanya

Penyusunan draft rancangan kampanye tersebut menurut Andi Nurpati, didasarkan pada peraturan pada pemilu 2004 lalu.

Sementara itu, Andi menegaskan malam ini juga, KPU akan mengumumkan parpol yang lolos verifikasi administrasi dan selanjutnya akan dilakukan verifikasi faktual pada 3 Juni 2008 mendatang. Komisi Pemilihan Umum akan mengumumkan hasil verifikasi administratif bagi partai politik peserta Pemilu 2009.

“Yang jelas malam ini kami umumkan, jadi tunggu saja. Kami juga akan mengumumkan hasil verifikasi administratif yang nantinya akan menjadi rekomendasi untuk verifikasi faktual,” tegasnya.

Menurutnya, beberapa masalah yang sempat mengemuka adalah adanya partai politik yang belum memiliki kepengurusan di tingkat kabupaten/kota. Hal ini katanya, membuat KPU dinilai salah dalam melakukan verifikasi.

“Masih ada masalah parpol yang belum memiliki kepengurusan di tingkat kabupaten/kota. Sehingga kami tidak mau dinilai salah dalam melakukan verifikasi,” papar Andi.

0 comments

Bookmark Situs Kami

Bookmark and Share